Keuntungan Melakukan Root Pada Android

GLOBAL TIPS : Keuntungan Melakukan Root Pada Android. Itulah judul postingan, yang akan saya ulas pada kesempatan kali ini. Sebagai gambaran buat anda, sebelum memutuskan untuk root android kesayangan anda. Mungkin anda pernah mendengar istilah root pada android, entah itu dari teman atau dari internet, dan pastinya anda akan bertanya, Apa Itu Root, Apa Keuntungan Root dan Apa Perlu Android Itu Harus Di Root? Maka di bawah ini sobat GLOBAL TIPS pingin memberikan ulasan sedikit tentang root dan keuntungan setelah itu.

Apa Itu Root.
Root atau jail brick adalah suatu tindakan yang dilakukan untuk memberikan hak akses kepada user android, untuk melakukan modifikasi, mengganti, bahkan menghapus system yang sebelumnya sudah tertanam secara default di dalam smartphone sebagai layaknya seorang administrator dari smartphone tersebut. Jadi inti dari pada root ini yaitu kita dapat memegang kendali penuh terhadap smartphone yang kita miliki dimana sebelumnya kita masih di batasi untuk melakukan hal-hal yang lebih terhadap smartphone kita.

Disini saya kasih contoh, misalkan anda pingin menghapus browser bawaan yang ada di smartphone anda dengan alasan tertentu, apa itu karena tampilanya kurang bagus, ataukah karena sudah bosan dan lain sebagainya. Nah pada saat anda akan menghapusnya, ternyata tidak ada pilihan untuk menghapus. Kenapa? karena browser tersebut tertanam di dalam system smartphone.

Agar anda bisa menghapus browser tersebut, maka anda harus melakukan root terlebih dahulu pada smartphone anda, agar bisa masuk ke dalam system dan menghapus browser tersebut. Jadi root itu ibarat kita mengambil hak kita yang selama ini di bekukan oleh vendor pembuat smartphone. Lalu apa keuntungan-keuntungan lain yang kita dapat setelah melakukan root? Banyak sekali keuntungan yang kita dapat setelah melakukan root dibanding dengan tidak melakukan root. Lalu apa saja? Yukk..simak ulasan di bawah ini :

Keuntungan Root Android
Gambar Ilustrasi

Keuntungan Melakukan Root.

Ada Banyak sekali keuntungan yang kita dapat setelah melakukan root pada android kita, di banding dengan tidak melakukannya sama sekali. Diantaranya :

1. Menghapus bloatware atau aplikasi yang tidak penting.
Mungkin alasan pertama ini merupakan alasan yang paling mendasar kenapa orang sampai melakukan root pada androidnya. Kenapa saya katakan demikian. 

Karena, seperti yang kita ketahui bahwa, pada saat kita membeli sebuah smartphone baru, maka di dalamnya sudah tertanam berbagai macam aplikasi, baik itu aplikasi yang kita gunakan, maupun aplikasi yang sama sekali tidak kita gunakan. Namun kita tidak dapat menghapusnya. 

Nah hal ini menurut saya sangat merugikan kita sebagai pengguna dari smartphone tersebut, karena otomatis dengan adanya aplikasi semacam itu, membuat storage penyimpanan di memory smartphone akan tersita dan di tambah lagi dengan sebagian dari aplikasi tersebut berjalan secara otomatis pada saat kita menyalahkan smartphone. 

Hal ini mengakibatkan penggunaan ram semakin besar, serta membuat konsumsi daya batrei semakin tinggi. Hal semacam ini jugalah, sebagai penyebab akhir-akhir ini pengguna smartphone android banyak yang mengeluh, dengan batrei android mereka yang lekas habis dan terkuras. Nah untuk mengatasi hal ini maka android harus di root, agar kita bisa menghapus bloatware yang tidak penting di dalam android kita.

2. Meningkatkan Masa Pakai Batrei Smartphone.
Selain seperti yang telah di ulas pada point pertama, yaitu menghapus sebagian bloatware, kita juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga yaitu Greenify, untuk menghentikan aplikasi yang berjalan di backround smartphone kita. 

Ini di maksud untuk meningkatkan masa pakai batrei dan mengurangi konsumsi ram pada android kita. Namun aplikasi ini dapat bisa berjalan sempurna, apabila pada android kita telah terinstal xposed framework. Nah, untuk melakukan ini maka android kita butuh di root.

3. Dapat Memblokir Iklan.
Mungkin anda akan merasa kesal disaat sedang browsing di internet, tetapi tiba-tiba muncul sebuah pop up iklan, yang memaksa anda untuk klik. Maka terpaksa anda harus menutup paksa browser anda. Hal ini menurut saya sangat menggangu dan membuat anda jadi kesal, karena sayapun pernah mengalami seperti itu. 

Nah untuk mengatasi hal ini, kita dapat menggunakan aplikasi seperti AdAway, AdBlock, Minmin Guard dan lain sebagainya. Namun untuk menggunakan aplikasi tersebut maka android kita butuh root.

4. Bebas Memindahkan Aplikasi Ke External SDcard.
Setiap orang yang menggunakan smarphone android, tentunya tidak pernah lepas dengan aktivitas download. Ada berbagai macam aplikasi yang tersedia di Play Store dan siap untuk di instal.

Namun dengan seringnya kita menginstal aplikasi dari Play Store, maka akan menambah sesak penyimpanan internal  di smartphone kita. Hal semacam ini akan berdampak pada penurunan performa dari android kita. Maka untuk menghindari agar hal ini tidak terjadi, kita perlu memindahkan beberapa aplikasi ke memory external/SDcard demi melegakan storage penyimpanan di smartphone kita. Akan tetapi perlu di ketahui bahwa, tidak semua aplikasi dapat dengan mudahnya kita pindah ke External SDcard.

Agar kita lebih leluasa melakukan pemindahan aplikasi yang ada, maka kita bisa menggunakan aplikasi seperti Link2SD, dan aplikasi semacam ini membutuhkan hak akses root. Jadi kalau anda mau menggunakan aplikasi semacam ini, maka android anda butuh root. Sampai disini apakah anda masih belum mau root smartphone anda? Yukk.. Simak lagi keuntungan lainnya di bawah ini.

5. Dapat meminimalisir Tingkat Kecerahan Layar.
Ini adalah salah satu faktor penyebab batrei di smartphone anda lekas terkuras, percaya apa tidak? Walaupun anda tidak percaya tetapi kenyataannya memang seperti itu. Pernah salah seorang teman bertanya kepada saya : Kenapa smartphone saya walaupun sudah di setel brightnessnya ke level paling bawah kok masih juga tetap terang yach?,  Saya katakan memang seperti itulah standar yang sudah di tetapkan dari produsen smartphonenya.

Dan saya rasa pertanyaan teman saya itu beralasan, karena dia merasa bahwa batrei smartphonenya lekas ngedrop dan juga dia tidak nyaman menggunakan smartphone untuk membaca di saat mau tidur karena layar smartphone terlalu terang hingga membuat mata cepat letih. Kedua alasan di atas menurut saya memang harus di atasi terlebih alasan yang kedua yaitu kecerahan layar atau brightness tidak bisa di minimalisir. Ini kalau terus di biarkan maka akan berdampak terhadap kesehatan mata kita, dari pada kita sakit mata lebih baik kita atasi masalah ini.

Lalu bagai mana caranya? Yaitu menggunakan aplikasi gravitybox. Dengan aplikasi ini kita lebih leluasa mengatur tingkat kecerahan layar di smarphone kita ke level paling redup sekalipun. Ada dua ke untungan yang kita dapat dengan aplikasi ini, yang pertama batrei smartphone semakin irit dan yang kedua, kesehatan mata kita bisa terjaga. Namun untuk menggunakan aplikasi ini maka android anda harus di root dulu dan telah terinstal xposed framework.
Baca :▪️ Cara Mengatur Kecerahan Layar Smartphone Menggunakan Aplikasi GravityBox.
6. Bebas menginstal berbagai macam aplikasi.
Begitu banyaknya aplikasi yang di kembangkan oleh developer pihak ketiga untuk memudahan pengguna smartphone android. Namun terkadang, ada sebagian dari aplikasi-aplikasi tersebut bisa berjalan maksimal, apabila android anda sudah di root. Dan aplikasi yang membutuhkan akses root itulah, termasuk kategori aplikasi-aplikasi handal. Saya kasih contoh aplikasi SD Maid, aplikasi pembersih yang satu ini, kinerjanya luar biasa dan sangat ampuh untuk membersikan segala macam cache browser, bangkai-bangkai aplikasi yang di uninstal sebelumnya, dan bahkan membersikan aplikasi system sekalipun.

Tidak seperti aplikasi pembersih abal-abal yang banyak beredar di Play Store dan di penuhi dengan iklan-iklan yang akan membuat kuota internet anda lekas habis. Itulah keuntungan melakukan root pada android. Bagaimana, apa belum juga mau melakukan root? Simak lagi kentungan root lainya di bawah ini.

7. Bebas Melakukan Customisasi Tampilan Android.
Jika anda adalah salah seorang yang menginginkan tampilan android cantik, maka keuntungan root yang satu ini perlu anda pertimbangkan. Karena dengan root anda bisa melakukan customisasi penuh terhadap tampilan android anda,  misalnya membuat transparan system UI, merubah segala ikon yang ada di status bar seperti Wifi, Batrei, Sinyal dan lain sebagainya.

Tentunya bukan cuman itu saja, masih banyak lagi customisasi lainya yang dapat kita lakukan untuk android kesayangan kita. Semuanya itu anda akan tau apabila anda sudah melakukan root pada android.

8. Melakukan Overlock.
Disini saya kasih contoh : Pada saat anda mau membeli sebuah smartphone baru, pastinya anda akan melihat dan membandingkan spac dari smartphone satu dengan yang lainnya.

Dalam hal ini yang saya maksud adalah prosesor mislanya : Mediatek (MTK), Snapdragon, Nvidia Tegra, Exynos, Qualcomm dan lain sebagainya, serta di ikuti jumlah core/inti/otak misalnya : Dual Core, Quad Core, Octa Core. Dan pastinya anda juga melihat kecepatan dari prosesor tersebut misalnya : 1.GHz, 1.5 GHz, 2.0 GHz dan lain-lain.

Karena, semuanya itu adalah pusat dari smarphone yang akan anda beli nantinya. Namun karena keterbatasan dana, maka anda memilih untuk membeli smartphone dengan kecepatanya terbatas atau tidak terlalu cepat. Maka dalam penggunaannya juga akan terasa lambat dan sering terjadi lag. Untuk mengatasinya kita bisa melakukan overlock agar kecepatannya meningkat, tetapi syaratnya android anda harus di root dulu.

9. Mengganti Stock Rom Dengan Custom Rom.
Nah ini adalah faktor paling utama, kenapa hingga orang melakukan root pada androidnya. Selain yang telah saya ulas pada point pertama di atas. Lalu kenapa stock rom harus di ganti ke custom rom?  Banyak sekali alasannya kenapa hal itu di lakukan, misalnya pada stock rom terdapat bug bawaan yang tidak bisa di atasi, ataukah karena tampilan pada stock rom kurang menarik.

Untuk masalah bug, memang pada zaman sekarang ini, semua vendor pembuat smartphone, sudah menyertakan fitur untuk melakukan update secara OTA. Namun terkadang setelah kita melakukan update, ternyata timbul lagi bug-bug baru yang tidak kita inginkan, dan setelahnya itu tidak akan ada update lagi, maka bug yang ada di stock rom tidak akan pernah hilang sampai kapanpun. Maka solusinya, kita harus menggantinya dengan custom rom. Banyak sekali custom rom yang di porting oleh pencinta gadget android bertebaran di luar sana, dan siap untuk di instal. Akan sangat merugi jika anda tidak mencobanya.

Banyak sekali keuntungan yang kita dapat setelah melakukan root pada android, ketimbang kita tidak melakukannya. Disini saya hanya memberikan beberapa gambaran saja, tetapi sebenarnya, masih banyak lagi keuntungan-keuntungan lainnya, yang akan anda ketahui setelah melakukan root. Namun kesemuanya itu berpulang kepada anda sendiri, mau melakukanya atau tidak.

Demikianlah ulasan yang saya berikan, tentang Keuntungan Melakukan Root Pada Android. Mudah-mudahan apa yang saya paparkan, dapat memberi gambaran buat anda, sebelum memutuskan untuk melakukan root pada android kesayangan anda.

Semua yang saya tulis pada artikel ini berdasarkan pengalaman pribadi saya waktu menggunakan smartphone android. Silahkan anda ikuti jika itu bermanfaat, dan abaikan jika merasa tidak perlu. Akhirnya tulisan ini saya sudahi sampai di sini, dan jangan lupa untuk like dan share, jika artikel ini bermanfaat buat anda.
Nadhif Pranaja
Nadhif Pranaja "Hanyalah Seorang Blogger Sederhana Yang Senang Menulis Dan Berbagi Hal-hal Yang Berguna Dan Bermanfaat Buat Orang Lain". [Semoga Pengunjung Blog Ini Selalu Di Beri Nikmat Kesehatan, Keselamatan, Serta Umur Panjang Dan Murah Rezekinya. Amin...]

Posting Komentar untuk "Keuntungan Melakukan Root Pada Android"